RSS

Ruang Lingkup Bisnis

18 Oct

Ruang Lingkup Bisnis

 

  1. 1. Pengertian bisnis dan jenisnya
  • Bisnis adalah segala kegiatan yang berkaitan dengan pengadaan dan pendistribusian barang maupun jasa oleh perorangan maupun badan yang melaksanakan kegiatan perusahaan dalam tujuan mencari keuntungan. Secara lebih luas, khusus nya untuk dunia perdaganga/perniagaan, bisnis dapat diartikan sebagai kegiatan usaha yang dijalankan oleh orang-orang atau badan-badan secara terus menerus dan teratur untuk mengadakan atau membuat barang-barang dan atau jasa-jasa maupun fasilitas lainnya untuk di jual,dipertukarkan,disewakan, ataupun disewagunakan, dengan tujuan untuk memperoleh penghasilan atau keuntungan yang optimal.

Jenis-jenis bisnis:

  1. bisnis di bidang agraris, seperti pertanian dan perkebunan
  2. bisnis di bidang ekstraktif, seperti penggalian dan pertambangan
  3. bisnis di bidang industri, seperti pabrik-pabrik
  4. bisnis di bidang perdagangan, seperti toko, grosir, dsb
  5. bisnis di bidang jasa, seperti jasa konstruksi

 

  1. 2. Tujuan Bisnis
  • perolehan penghasilan dengan keuntungan yang wajar
  • pemenuhan kebutuhan manusia
  • meningkatkan kemakmuran masyarakat
  • mengusahakan pemerataan hasil
  • mendorong kegiatan ekonomi lainnya
  • mendorong kegiatan dan kemajuan di bidang lain

 

  1. 3. Sistem Perekonomian dan Sistem Pasar
  • Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah. Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrim tersebut.

Selain faktor produksi, sistem ekonomi juga dapat dibedakan dari cara sistem tersebut mengatur produksi dan alokasi. Sebuah perekonomian terencana (planned economies) memberikan hak kepada pemerintah untuk mengatur faktor-faktor economic), pasar lah yang mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi barang dan jasa melalui penawaran dan permintaan.

  • Sistem pasar adalah Perekonomian pasar yang bergantung pada kapitalisme dan liberalisme untuk menciptakan sebuah lingkungan di mana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli barang yang mereka inginkan (dalam batas-batas tertentu). Sebagai akibatnya, barang yang diproduksi dan harga yang berlaku ditentukan oleh mekanisme penawaran-permintaan.

 

  1. 4. kesempatan bisnis/usaha
  • menurut saya kesempatan bisnis merupakan suatu keadaan yang mendukung suatu kegiatan usaha atau bisnis dengan memperleh keuntungan yang banyak dengan cara menstrategikan usaha yang sesuai dengan kebutuhan manusia yang berada di sekitar lingkungan tersebut, sehingga mendapatkan pendapatan yang lebih. Bisa dilakukan dengan mengamati selera masyarakat. Dan yang terpenting adalah kesempatan yang mengandung potensi uang yang tinggi bagi perusahaan dan peluang yang mengandung kemungkinan sedang atau besar dimana perusahaan akan meraih sukses.
  1. 5. unsur-unsur penting dalam aktivitas ekonomi

a)      daya beli masyarakat

daya beli masyrakat (konsumen), biasanya sangat bergantung kepada tinggi rendah nya  penghasilan mereka. Pada umumnya penghasilan mereka digunakan dahuluuntuk kebutuhan pokok, kemudian sisanya baru digunakan untuk kebutuhan lain. Daya beli yang tersisa (discretionary buying power) tersebut adalah potensi untuk dimasuki penawaran barang/jasa lain setelah penawaran kebutuha pokok.

b)      Kebutuhan masyarakat

Kebutuhan masyarakat(konsumen), yaitu berupa barang dan jasa, meupakan obyek pasar

c)      Keinginan konsumen

Keinginan konsumen, yaitu minat atau hasrat yang timbul dari seseorang untuk memiliki atau menikmati suatu barang jasa. Keinginan ini merupakan suatu dorongan yang timbul dari lubuk hati seseorang, karena dengan sendirinya ataupun karena pengaruh dari luar.

 

  1. 6. hakikat bisnis

bisnis merupakan suatu usaha yang tidak menentu, karena jika bisnis itu sendiri gagal maka kerugianlah yang di dapat, namun jika bisnis bisa disiasati dan di lakukan secara benar maka bisa jadi bisnis itu menimbulkan keuntungan yang besar maka dapat dapat disimpulkan bahwa bisnis itu suatu peruntungan sehingga kita harus memiliki strategi dah mengambil celah kesempatan yang bagus dalam berbisnis.

  1. 7. mengapa belajar bisnis

ya, karena dapat memberikan motivasi untuk melakukan suatu usaha dengan cara mempelajari bisnis dan dengan berbisnis kita dapat memperoleh sebuah keuntungan.

 

 

Sumber: Dra. Devi Puspitasari,2006.Arya Duta.Ekonomi

Griffin R dan Ronald Elbert. 2006. Business. New Jersey: Pearson Education

 
1 Comment

Posted by on October 18, 2010 in Uncategorized

 

One response to “Ruang Lingkup Bisnis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: