RSS

PEMASARAN

01 Nov

PERMASARAN

1. Pengertian pasar dan pemasaran

  • Pasar merupakan kelompok individual yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli, dan berniat merealisasika pembelian tersebut.
  • Pemasaran merupakan kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikan melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.

 

2. Jenis-jenis pasar

  • Pasar persaingan sempurna
  • Pasar monopoli
  • Pasar persaingan monopolistik
  • Pasar oligopoli

 

3. Konsep-konsep inti pemasaran

  • Kebutuhan merupakan suatu keadaan dirasakanya ketadaan kepuasaan dasar tertentu dan sifat ada dan terletak dalam tubuh dan kondisi manusia.
  • Keinginan merupakan kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam.
  • Permintaan merupakan keinginan terhadap produk-produk tertentu yang didukung oleh suatu kemampuan dan kemauan untuk membelinya.
  • Produk merupakan suatu yang dapat ditawarkan kepada seseorang untuk memuaskan suatu kebutuhan dan keinginan.
  • Nilai merupakan  konsumen terhadap kapasitas produk secara keseluruhan untuk memuaskan kebutuhannya.
  • Konsumen merupakan pemakai akhir, sedangkan pelanggan sering di artikan sama dengan pembeli yang bertindak sebagai agen bagi konsumen akhir.

 

4. Manajemen pemasaran

  • Keadaan permintaan dan tugas pasar

Ada delapan keadaan permintaan yaitu:

a.      Permintaan negatif

b.      Tidak ada permintaan

c.       Permintaan terpendam

d.      Permintaan menurun

e.      Permintaan yang tidak beratuaran

f.        Permintaan penuh

g.      Permintaan yang berlebihan

h.      Permintaan yang tidak sehat

 

  • Falsafah  Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran merupakan  sebuah proses yang merencanakan dan melaksanakan konsep,penetapan harga, promosi, dan distribusi gagasan, barang dan jasa untuk menghasilkan pertukaran yang memenuhi sasaran-sasaran yang sudah ditetapkan baik menurut perorangan dan organisasi.

 

5. Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

Bauran pemasaran merupakan variabel-variabel yang dapat dikendalikan oleh perusahaan, yang terdiri dari: produk, harga, distribusu, dan promosi.

  • Produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, digunakan, atau dikonsumsi pasar sebagi pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan.
  • Harga merupakan variabel yang dapat dikendalikan yang menetukan diterima tidaknya suatu produk leh konsumen.
  • Distribusi merupakan masalah lain yang akan dihadapi perusahaan pada saat produk selesai diproses.
  • Promosi merupakan suatu ungkapan dalam arti luas tentang kegiatan-kegiatan yang secara aktif dilakukan oleh perusahaan (penjual) untuk mendorong konsumen membeli produk yang ditawarkan.

 

6. Tujuan sistem pemasaran

1)      Tingkat konsumsi masyarakat yang maksimum.

2)      Tingkat kepuasan konsumen yang maksimum.

3)      Tingkat pilihan konsumen yang maksimum.

4)      Kualitas hidup konsumen yang maksimum.

 

Sumber pustaka: Buku pengantar bisnis Pandji Anoraga, S.E, M.M

 

 
Leave a comment

Posted by on November 1, 2010 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: