RSS

Korut Ancam Perang Nuklir

19 Dec

Korut Ancam Perang Nuklir

 

China mengajak Amerika Serikat untuk meningkatkan kerjasama dalam mengurangi ketegangan di semenanjung Korea.

 

SEOUL – Korea Utara (Korut) kembali mengeluarkan ancaman terhadap Korea Selatan (Korsel), jumat (17/12). Korut akan melakukan serangan terhadap korsel jika korsel tetap melaksanakan latihan militer yang rencananya akan dilakukan di pulau yang menjadi sengketa kedua negara. Tidak hanya itu, Korut juga memperingatkan jika perang antar kedua negara ini akhirnya terjadi, maka perang itu akan bersifat perang nuklir.

Korut ini di umumkan oleh kantor kantor berita resmi nnegara itu, KCNA. Ancaman muncul seiring Korsel tengah bersiap-siap menggelar latihan militer dipulau Yeonpyeong, pulau yang letaknya berdekatan dengan kawasan perbatasan perairan yang selama ini menjadi sengketa kedua negara. Latihan tersebut rencananya akan dimulai, Sabtu (18/12) hingga selesai (21/12).

“Serangan kami akan lebiih keras dibandingkan yan kami lakukan pada 23 November 2010,” kata KCNA merujuk pada serangan rudal Korut ke barak militer Korsel di pulai tersebut pada 23 November 2010. Serangan Korut 23 November itu telah menewaskan 4 orang, dan membuat kawasan semenanjung Korea menjadi makin tegang.

Paska serangan 23 November itu, korut telah menjelaskan bahwa serangan 23 November itu terpaksa mereka lakukan untuk menanggapi tindakan provokatif Korsel. Korsel telah melakukan serangkaian tembakan rudal dari meriamnya diipulau yeonpyeong. Korsel sendiri menyatakan tembakan rudal itu hanya latihan rutin mereka.

Tak hanya itu, Korut juga memperingatkan bila sampai perang dengan Korsel sungguh-sungguh kembali terjadi, maka perang itu akan melibatkan senjata nuklir.  Hal ini diungkapkan Korut lewat laman resminya , Uriminzokkiri.

”Jika perang (dengan Korsel) ini pecah, maka perang ini akan berujung perang nuklir dan tak akn terjadi di semenanjung Korea saja,”demikian ditulis Uriminzokkiri.

Kekhawatiran akan ancaman Korut ini membuat Rusia akhirnya mendesak Korsel untuk membatalkan rencana latihan militernya.”Rusia mendesak keras Korsel untuk membatalkan rencana latihan militernya semi menceegah eskalasi lebih jauh dari ketegangan di semenanjung Korea.” Kata Kementrian Luar Negri Rusia dalam pernyataan tertulisnya.

Peran Konstruktif

China mengajak Amerika Serikat untuk meningkatkan kerja sama dalam mengurangi ketegangan di semenanjung Korea. Hal ini diungkapkan Konselor Negara China, Dai Bing guo, kepada Wakil Mentri Luar Negeri AS, James Steinberg, di beijing.

Steinberg tengah mengadakan kunjungan tiga harinya ke beijing hingga jumat (17/12). Tujuan kunjungan itu untuk menekan China agar berbuat lebih dalam menekan sekutunya, Korut, yang dikhawatirkan tengah membuat senjata nuklir.

Korut mengeluarkan ancaman di atas seiring upaya mereka mendesak AS, China, Korsel, Jepang, dan rusia, untuk bersedia memulai kembali perundingan nuklir enam pihak yang ditujukan untuk membahas program nuklirnya.

Para pengamat menilai serangan 23 November dan ancaman perang nuklir itu di keluarkann Korut untuk mendesak dimulainya kembalii perundingan enam pihak tersebut, sehingga negara komunis miskin itu mendapat imbalan makanan dan bantuan ekonomi. Dng/Rtr/AFP/AR-1

 

Sumber :  KORAN JAKARTA, Sabtu, 18 Desember 2010

 
Leave a comment

Posted by on December 19, 2010 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: